Tuesday 19 June 2012

Sejarah Sebagai Peristiwa


Apa yang terjadi pada masa lalu merupakan fakta sejarah atau kenyataan sejarah. Kenyataan tersebut dapat menjadi peristiwa sejarah. Dengan demikian, sejarah sebagai peristiwa ialah kejadian, kenyataan, dan aktualitas.

R. Moh. Ali dalam Ismaun menyatakan bahwa sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian, kenyataan, aktualitas, sejarah in concreto, yang sebenarnya telah terjadi atau berlangsung pada waktu atau masa yang lampau.
Kesimpulan yang bisa kita nyatakan berdasarkan uraian tersebut bahwa peristiwa sejarah pada dasarnya merupakan sesuatu yang objektif dan suatu kenyataan yang benar-benar terjadi pada masa lalu. Objektivitas tersebut sangat ditentukan oleh keberadaan sumber sejarahnya. Peristiwa yang terjadi pada masa lalu dapat dilihat dari berbagai aspek kehidupan manusia, seperti peristiwa politik, ekonomi, dan sosial.

Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam sejarah, dapat dibagi menjadi beberapa
bagian yaitu:
a.       Peristiwa sosial
merupakan sejarah yang terjadi atau timbul dapat disebabkan oleh peristiwa-peristiwa lainnya yang mengakibatkan terjadinya perubahan sosial. Untuk lebih jelasnya baik contoh dari peristiwa sosial maupun pengerian yang lebih luas, anda dapat membaca pada bagian Peristiwa Sosial.
b.      Peristiwa ekonomi
merupakan peristiwa yang menggambarkan kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan aspek-aspek ekonomi. Ciri utama dari kegiatan ekonomi adalah adanya produksi dan pertukaran hasil produksi dalam bentuk kegiatan jual beli. Untuk lebih jelasnya baik contoh dari peristiwa Ekonomi maupun pengerian yang lebih luas, anda dapat membaca pada bagian Peristiwa Ekonomi.
c.       Peristiwa politik
Biasanya peristiwa kehidupan manusia yang berkaitan dengan kekuasaan. Kekuasaan dapat berhubungan dengan penguasa, negara, pemerintahan, keputusan-keputusan pemerintah, partai politik, undang-undang. Untuk lebih jelasnya baik contoh dari peristiwa politik maupun pengerian yang lebih luas, anda dapat membaca pada bagian Peristiwa Politik.

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi teman-teman. Silahkan memberi komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi maupun soal-soal latihan. Atau contact saya via facebook. Atau via email di winduws88@gmail.com.



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



3 comments:

iya linkny belum ada nie

di lengkapin gan, biar tambah jempolan

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan lewat email saya winduws88@gmail.com.